Design your theme

Righteous Kill

gunadarma

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

http://www.wirandhikablogs.co.nr

the official blog of wira andhika featured by wira and his world story just click on wirandhikablogs.co.nr

Latest Posts

Pengertian, Tujuan ISD dan IPS
MKDU adalah singkatan dari mata kuliah dasar umum, yaitu kumpulan dari beberapa mata kuliah yang tergabung menjadi satu wadah. Mata kuliah dasar umum terdiri atas mata kuliah pancasila, agama, kewiraan, pendidikan sejarah perjuangan bangsa, ilmu alamiah dasar(IAD), ilmu sosial dasar(ISD), dan ilmu budaya dasar(IBD).
ISD atau ilmu sosial dasar adalah mata kuliah yang mempelajari masalah-masalah sosial yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan mengunakan pengertian-pengertian(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psychology sosial. ISD bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena ilmu sosial merupakan ilmu yang memiliki obyek dan metode ilmiah sendiri-sendiri yang tidak bisa dipadukan. ISD tidak termasuk disiplin ilmu tersendiri, karena ISD tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah sendiri.
Ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi yang dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran di Indonesia yang diberikan di perguruan tinggi. Ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum di tujukan untuk menghadapi masalah-masalah dalam menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi, tegasnya ilmu sosial dasar adalah usaha yang diharapkan memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi masalah sosial. Sedangkan tujuan dari ilmu soaial dasar sendiri adalah :



• Mahasiswa dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
• Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menaggulangiya.

• Mahasiswa bisa menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompeks dan hanya dapat mendekatinya dengan mempelajari masalah itu secara kritis-interdisipliner.

• Mahasiswa dapat memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam penanggulangan masalah sosial dalam masyarakat.


IPS atau Imu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari gejala dan masalah sosial di dalam masyarakat yang dilihat dari berbagai aspek kehidupan yang terpadu. Ilmu pengetahuan sosial mempunyai tujuan membentuk warga negara yang mempunai kemampuan sosial. Artinya IPS memberikan suatu kemampuan kepada seseorang agar mampu hidup di tengah-tengah masyarakat serta mampu menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
Persamaan dan Perbedaan ISD dengan IPS
Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :
1. Natural Sciences(ilmu alamiah), meliputi : fisika, kimia, biologi, astrologi, dan lain-lain.
2. Sosial Sciences (ilmu sosial), meliputi : sosiologi, ekonomi, antropologi, sejarah, psikologi, geografi, dan lain-lain.
3. Humanities (ilmu budaya, meliputi: bahasa, agama, kesastraan, kesenian , dan lain-lain)
Persamaan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial:
• Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
Artinya ilmu sosial dasar maupun ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempunyai tujuan untuk program pendidikan /pengajaran.
• Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri.
Artinya ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah.
• Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Artinya ilmu sosial dasar dan Ilmu pengetahuan dasar mempunyai materi kenyatan sosial dan masalah sosial.

Perbedaan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial
• Illmu sosial dasar diberikan pada jenjang pendidikan perguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA.
• Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial adalah kumpulan dari sejumlah mata pelajaran.
• Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
Ruang lingkup ISD
Dalam pembelajaran ISD terdapat pembelajaran masalah masalah sosial. Dapat dikatakan bahan pembelajaran ISD ada 3 yaitu :
1. Kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2. Konsep sosial atau pengertian tentang kenyatan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Leave a Reply