Design your theme

Righteous Kill

gunadarma

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

http://www.wirandhikablogs.co.nr

the official blog of wira andhika featured by wira and his world story just click on wirandhikablogs.co.nr

Latest Posts

Hidup di era modern ini setiap manusia dituntut harus bisa mengikuti perkembangan jaman. Baik di semua bidang termasuk ilmu pengetahuan, dan teknologi. Tapi kali ini saya akan membahas tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan. Penerapan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus memperhatikan kaidah nilai yang ada ditengah masyarakat.

Ilmu pengetahuan

Yang pertama adalah ilmu pengetahuan, ilmu yang berubah seiring perkembangan jaman. Sebenarnya definisi ilmu pengetahuan itu tidak sederhana karena terdapat bermacam-macam pendapat dan teori. Tapi secara singkat Ilmu pengetahuan adalah gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat. Ilmu pengetahuan itu merupakan ilmu yang memberikan sebuah kepastian, karena ilmu pengetahuan didasarkan pada hal-hal ilmiah yang sudah jelas kebenarannya. Hal-hal sikap ilmiah tersebut adalah :

-Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga mencapai pengetahuan ilmiah yang objektif.
-Selektif artinya mengadakan pemilihan terhadap problema yang dihadapi supaya didukung oleh fakta atau gejala, dan mengadakan pemilihan hipotes yang ada.
-Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah maupun terhadap alat indra dan budi yang digunakan untuk mencapai ilmu.
-Merasa pasti bahwa setiap pendapat teori maupun aksioma terdahulu, telah mencapai kepastian, namun masih terbuka untuk dibuktikan kembali.

Teknologi

Kedua yaitu tentang teknologi. Teknologi sudah sangat jelas perkembangannya di era modern ini. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi dapat dikatakan bahwa teknologi itu diciptakan untuk membantu meringankan tugas manusia. Menurut Jacques ellul teknologi sama artinya dengan teknik. Menurut Jacques teknik adalah berbagai metode, usaha dan cara untuk memperoleh hasil yang sudah distandarisasi dan diperhitungkan sebelumnya. Teknik ini menimbulkan sebuah fenomena di masyarakat.Ciri-ciri teknik menurut sastrapratedja(1980) yaitu :

-Rasionalitas
-Artifisialitas
-Otomatisme
-Teknik berkemang pada suatu kebudayaan
-Monisme
-universalisme
-Otonomi

Bicara tentang teknologi, pastilah teknologi barat yang paling sangat menonjol. ciri-ciri teknologi barat adalah :

-Serba intensif dalam segala hal, seperti modal, organisasi, tenaga kerja, dll.
-Dalam struktur sosial, teknologi barat bersifat melestarikan sifat ketergantungan.
-Kosmologi atau pandangan teknologi barat menganggap dirinya sebagai pusat feriferi, waktu berkaitan dengan kemajuan secara linier.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ada kaitannya dengan nilai. Karena penerapan ilmu pengetahuan terkadang kurang memperhatikan masalah nilai di tengah masyarakat. Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.

Kemiskinan

Yang terakhir adalah kemiskinan, kemiskinan ini mungkin ada hubungannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Tapi tahukah anda cirri-ciri masyarakat orang yang termasuk golongan yang berada dibawah garis kemiskinan??. Orang-orang yang digolongkan kedalam masyarakat yang dibawah garis kemiskinan memiliki cirri-ciri sebagai berikut :

-Tidak memiliki faktor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan.
-Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan atau modal usaha.
-Tingkat pendidikan yang rendah, tidak sampai tamat SD.
-Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas.
-Banyak yang hidup di kota berusia muda dan tidak mempunyai ketrampilan.

Kemiskinan dianggap menjadi sebuah masalah besar bagi suatu Negara. Akan tetapi disamping itu kemiskinan juga mempunyai fungsi, baik fungsi social, ekonomi, cultural, dan politik. Fungsi-sungsinya adalah sebagai berikut :

-Fungsi ekonomi : penyediaan tenaga kerja untuk pekerjaan tertentu, menimbulkan dana social, menciptakan lapangan pekerjaan baru dan memanfaatkan barang bekas(masyarakat pemulung)
-Fungsi sosial : menimbulkan altruisme (kebaikan spontan) dan perasaa, sumber imajinasi kesulitan kehidupan bagi orang kaya.
-Fungsi kultural : sumber inspirasi kebijaksanaan teknokrat dan sumber inspirasi sastrawan dan memperkaya budaya saling mengayomi sesama manusia.
-Fungsi politik : berfungsi sebagai masyarakat gelisah atau masyarakat marginal untuk musuh bersaing bagi kelompok lain.

Leave a Reply