Design your theme

Righteous Kill

gunadarma

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

http://www.wirandhikablogs.co.nr

the official blog of wira andhika featured by wira and his world story just click on wirandhikablogs.co.nr

Latest Posts

Setiap individu dalam menjalani kehidupan bermasyarakat pasti tidak akan semulus yang dipikirkan. Banyak sekali gangguan, ancaman, dan hambatan. Karena setiap individu mempunyai tujuan hidup yang berbeda-beda. Individu mempunyai kepentingan sendiri-sendiri yang kadang tidak bisa disamakan dengan individu lain. Perbedaan kepentingan individu ini dapat menyebabkan suatu pertentangan sosial. Pertentangan sosial ini tidak hanya menyangkut diri setiap individu saja, akan tetapi dapat menyakut kepada suatu kelompok di dalam masyarakat.

Banyak masalah-masalah yang bisa menyebabkan pertentangan sosial akan tetapi setiap masalah pasti akan ada penyelesaiannya. Selain adanya perbedaan kepentingan terdapat dua masalah yang juga dapat menimbulkan pertentangan sosial, yaitu diskriminasi dan etnosentris. Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dsb). Pada waktu dahulu, diskriminasi sangat terlihat di Indonesia. Pembedaan ini didasarkan etnis, sebagai contohnya adalah pembedaan sikap terhadap etnis tiong-hoa yang ada di indonesia. Hal lainnya adalah sikap yang menganggap bahwa kebudayaannya yg paling benar, paling bagus sehingga merehmehkan kebudayaan orang lain, hal ini disebut etnosentrisme.

Dampak dari pertentangan sosial ini dapat menimbulkan ketegangan sosial. Yaitu suatu situasi yang dapat menyebabkan suatu konflik. Konflik mengandung suatu pengertian tingkah laku yang lebih luas dari pada yang biasa dibayangkan. orang mengartikannya sebagai pertentangan yang kasar dan perang.
Konflik merupakan suatu tingkah laku yang dibedakan dengan emosi-emosi tertentu yang sering dihubungkan dengannya, misalnya kebencian atau permusuhan. Konflik dapat terjadi pada lingkungan yang paling kecil yaitu individu, sampai pada ruang lingkup yang paling besar yaitu masyarakat . Konflik mempunyai potensi untuk memberikan pengaruh yang positif maupun negatif dalam berbagai taraf interaksi manusia.

Didalam kenyataannya banyak konflik yang ditimbulkan karena perbedaan antar golongan didalam masyarakat. Perbedaan antar golongan ini mungkin saja karena perbedaan tujuan dan prinsip. Selain itu Konflik antar golongan ini mungkin saja terjadi karena adanya pihak ketiga yang mengadu domba. Akan tetapi dari semunya itu pasti, setiap individu, kelompok, golongan, etnis, dan lain sebagainya pasti menginginkan adanya suatu integrasi sosial. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi. Sedangkan integrasi nasional adalah suatu proses penyatuan atau pembauran berbagai aspek sosial budaya ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan identitas nasional atau bangsa yang harus dapat menjamin terwujudnya keselarasan, keserasian dan kesimbangan dalam mencapai tujuan bersama sebagai suatu bangsa.

Pertentangan sosial pasti ada di dalam kehidupan bermasyarakat, sulit untuk dihilangkan. Akan tetapi pasti ada jalan keluarnya. semua itu dapat dijadikan bahan pembelajaran dalam proses pewujudan integrasi sosial.

Leave a Reply